PERANGKAT KERAS TEKNOLOGI INFORMASI

PERANGKAT KERAS TEKNOLOGI INFORMASI
A.    Komponen Dasar Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras computer adalah alat pengolah data yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Perangkat keras computer dapat bekerja apabila ada unsur manusia yang mengerti yang tentang lat itu dan dapat bekerja menggunakan alat itu. Komputer merupakan system karena merupakan sekumpulan objek yang berhubungan dan bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan.
Sistem perangkat keras computer terdiri dari empat unsur utama dan satu unsur tambahan. Keempat unsure utama itu adalah Input Unit, Central Processing Unit (CPU), Stroge/Memory dan Output Unit. Sedangkan yang merupakan unsure tambahan adalah Communication Link.
Input Unit merupakan bagian yang menerima dan memasukkan data dan intruksi. Central Processing Unit (CPU) merupakan bagian yang melaksanakan dan mengatur intruksi, termasuk menghitung dan membandingkan. Memory/Storage merupakan bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan intruksi. Output Unit merupakan bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses. Communication Link yang merupakan bagian yang berkomunikasi dengan dunia luar.


    Unit Masukan (Input Unit/Input Device)
 Input Unit adalah peranti intuk memasukkan data dan program yang akan di proses di dalam computer. Fungsi Input adalah:
a.    Tempat untuk memasukkan data dan program yang akan dip roses.
b.    Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal computer (diubah menjadi binary digit/bit)
c.    Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Untuk memasukkan data ke dalam computer digunakan 10 cara : melalui keyboard, alat penunjuk (point device), alat pembaca optis atau magnetis, alat pembaca suara, system Vision-input, kamera digital, scanner, camcorder, sappy, dan kamera web.
1.    Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling banyak digunakan dari suatu terminal atau computer. Ada dua bentuk dasar keyboard, yaitu Alphanumeric keyboard menggunakan tipe 101 key yang terdiri dari functions keys, sebuah key pad, suatu variasi speciadil-functions keys dan cursor-control keys (tanda panah). Ada juga yang terdiri dari 124 key, yang menambahkan functions key tambahan dan extra unlabeled key yang dapat diprogram untuk membentuk susunan user-defined keystroke (makro).
Special-function keyboard di rancang untuk aplikasi yang spesifik. Misalnya Cash-register pada terminal di restoran atau supermarket, terminal Point Of Sale (POS) pada took besar (supermarket), agen tiket pesawat terbang,|dan sebagainya. Sekarang sudah ada keyboard tanpa kabel, misalnya wireless PDA keyboard, yang merupakan keyboard terbaik tahun 2002.
2.    Alat Penunjuk (Pointing Device)
Alat penunjuk terdiri dari mouse, joystick, trackball, trackpad, touchscreen, lightpen, dan remote control.
1.    Mouse
 Mouse adalah alat kecil dan ringan sebesar tikus yang pas dengan telapak tangan, memiliki bola kecil di bawahnya dan memiliki tombol satu, dua, atau tiga di atasnya, dihubungkan di computer dengan kabel kecil. Dengan menggeser mouse akan memutar bolanya, dan kursor akan bergerak sesuai dengan pola pergerakan bola. Sekarang mouse sudah ada yang tanpa kabel, Misalnya mouse buatan Gyration, yaitu Ultra Cordless Optical Mouse yang dapat dihunakan dengan jangkauan sampai 25 kaki, sedangkan Ultra Professional mempunyai jangkauan sampai 100 kaki. Dengan mouse tanpa kabel, Anda dapat melakukan surfing, bermain game dan mobile computing. Bahkan mouse Hunno MagicSecure 3500 mampu mengamankan PC dan file-file anda lewat fasilitas password, pengenalan sidik jari maupun kombinasinya. Caranya sangat mudah dengan memasukkan password, yaitu dengan memasukkan administrator ID sekehendak hati dan password, kemudian membuat disket kondisi darurat yang berisikan ID dan password (dilakukan untuk jaga-jaga kalau suatu saat ada kerusakan system). Untuk memproteksi dengan sidik jari, cukup dengan memasukkan sidik jari dan diproses sekitar 4 detik per input, satu sidik jari disensor tiga kali. Ada 4 macam modus proteksi, yaitu menggunakan password, sidik jari, kombinasi password dan sidik jari atau pilihan antara password dan sidik jari.
2.    Joystick
Joystick adalah suatu alat seperti tongkat yang menggukan kursor sesuai dengan arah gerak tongkat. Joystick digunakan dalam bidang computer, khususnya game.
3.    Trackball
Trackball adalah alat yang serupa dengan mouse, tetapi bolanya terletak di atas. Untuk menggunakan kursor, pemakai cukup memutar (menggerakkan) bola tanpa harus memindahkan seluruh alat tersebut. Trackball tidak memerlukan bidanng di atas meja.
4.    Trackpad
Trackpad adalah alat serupa dengan trackball, tetapi tidak menggunak bola. Untuk menggerakkan kursor cukup dengan menggerakkan jari anda di atas pad sentuh-sensitif.
5.  Trackpoint
Trackpoint adalah alat yang fungsinya menyerupai joystick tetapi di opersikan dengan ujung jari.
6   Touchscreen
Touchscreen adalah alat yang memungkinkan anda untuk memasukkan data atau intruksi dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan mempergunakan jari atau objek tidak transparan lain. Cara yang paling umum untuk menentukan lokasi bagi computer yang sudah di sentuh adalah dengan menggunakan sinar inframerah. Berkas sinar di proyeksian di seluruh permukaan layar dengan pola kotak-kotak. Jari anda memutuskan kotak-kotak tersebut dan computer mengetahui tempat yang di sentuh.

7.    Light Pen
Light Pen seperti pena, digunakan untuk menunjuk pada layar seperti pada layar sentuh. Saat pena digerakkan di atas papan khusus, suatu sinyal tersebut diinterpretasikan oleh program. Light pen hanya di pakai pda Computer Aided Design (CAD) dan Computer Aided Manufacturing (CAM) serta dipakai menghubungkan port joystick dari Amiga dan driver yang di sediakan oleh Workbench 1.3 dan Workbench 2.x+. Light Pen colour dipasang pada program quickdraw.

8. Digiziting Table
Digiziting Table adalah peralatan input computer yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa kedalam computer. Digiziting Table terdiri dari elektronik tablet dan kursor atau pen (Juga disebut puck). Graphire2 merupakan contoh Digiziting tablet yang sederhana. Graphire2 kompatibel dengan Photoshop Elements 1.0, Powerpoint dan Word XP. Yang lebih canggih lagi adalah Intous2. Intous2 dapat digunakan pada Photoshop, Painter, Paint, Shop Pro, Flash dan aplikasi grafik lainnya.

9. Unit Remote Control
Unit Remote Control adalah alat yang serupa dengan remote control pada TV. Untuk mengatur TV, anda menggunakan remote control genggam, maka untuk mengatur computer anda juga dapat menggunakan alat yang disebut Unit Remote Control.
   Unit Keluaran (Output Unit/Output Device)
Output Device adalah piranti temapt mengeluarkan hasil proses computer. Fungsi dari Output Device adalah :
1.    Tempat keluarnya hasil proses
2.    Menerjemahkan bit-bit kedalam kode yang dikenal media output
Pada~computer, Unit Output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafis, suara, video dan animasi.
1.    Alat Output Tampilan
Alat Output tampilan yang paling banyak dipakai adalah monitor atau layar tampilan (display screen). Alat ini termasuk alat input sekaligus output. Alat ini menyerupai TV dan output yang dihasilkan dapat berupa karakter-karakter atau gambar-gambar, tergantung pada jenis alatnya. Data yang dimasukkan oleh keyboard dapat ditampilkan dalam monitor ini.
Monitor dapat dikelompokkan berdasarkan
Ø Graphics adapter adalah alat pengontrol monitor. Kebanyakan Graphics adapter disisipkan dalam slot ekspansi pada motherboard, dan beberapa menyatu dengan motherboard.
Ø Ukuran layar monitor ada bermacam-macam, mulai dari 5 sampai 30 inci. Pada desktop PC dari 9 inci sampai 15 inci. Sekarang sebagian pengembang computer menggunaka 17 inci. Output pada layar monitor disebut Soft Copy artinya hanya bersifat sementara saat output ditampilkan di layar, berlawanan dengan Hard Copy yaitu output yang dihasilkan secara permanen.
Ø Resolusi monitor merupakan kualitas output dari monitor. Resolusi monitor tergantung jumlah titi-titik secara individual yang diproyeksikan ke  layar. Titik-titik itu disebut PIXEL (picture elements). Semakin banyak pixel semakin tinggi resolusinya.
Ø Warna Monitorterdiri dari monitor monochrome dan monitor berwarna. Monitor monochrome menampilkan gambar dan warna tunggal, misalnya putih, hijau diatas latar belakang hitam, atau abu-abu diatas latar belakang putih. Monitor berwarna mempunyai perpaduan warna merah, hijau, biru untik mencapai spectrum warna, disebut RGM monitors.
Ø Kualitas Tampilan. Paling tidak ada dua karakteristik yang mempengaruhi kualitas tampilan, yaitu refresh rate dan interlaced. Sebagian besar layar menggunakan teknologi Cathode Ray Tube (CRT), tetapi computer portable (Laptop) menggunakan panel datar (flat-panel).Teknologi datar terdiri dari liquid crystal display atau plasma display yang hanya memerlukan tempat yang tipis.

  STORAGE DEVICE ( Media Penyimpanan)
1.      FLOPPY DISK
            floppy disk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel ("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik persegi atau persegi panjang. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy atau FDD, inisial yang tidak harus bingung dengan "disk drive tetap," yang merupakan istilah lain untuk (tipe nonremovable dari) hard disk drive. Diciptakan oleh IBM, disket dalam 8-inch (200 mm), 5 ¼ inci (133,35 mm), dan 3 ½ inci (90 mm) format dinikmati bertahun-tahun sebagai bentuk populer dan di mana-mana penyimpanan data dan pertukaran, dari pertengahan 1970-an hingga akhir 1990-an. Sementara drive floppy disk masih memiliki beberapa kegunaan terbatas, terutama dengan warisan peralatan komputer industri, [2] mereka kini telah sebagian besar digantikan oleh USB flash drive, Eksternal Hard Drives, CD, DVD, dan kartu memori.

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
  • PERAN PERANGKAT LUNAK
Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak  dapat melakukan tugas yang di kehendaki pemakai sekiranya tidak di dukung oleh perangkat lunak (software). komputer bukan seperti teko ajaib milik aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin itu dapat di perintahkan untuk melakukan apa saja oleh tuannya. sebagai contoh, anda tidak akan bisa beermain catur dengan komputer kalau anda belum menginstal software atau perangkat lunak permainan catur pada komputer anda.

Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. sebagaimana yang telah anda ketahui, program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya. dalam hal ini, pembuat telah mengatur komputer sehingga kmputer memenuhi kebutuhan pemakai. program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misal microsoft) ataupun perseorangan. tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemrograman, anda bisa membuat sendiri program yang anda kehendaki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN E-LEARNING

CARA MEMBUAT AKUN E-MAIL

PENGELOMPOKAN PERANGKAT LUNAK