PERANGKAT KERAS TEKNOLOGI INFORMASI
PERANGKAT
KERAS TEKNOLOGI INFORMASI
A. Komponen Dasar Perangkat Keras
Komputer
Perangkat
keras computer adalah alat pengolah data yang bekerja secara elektronis dan
otomatis. Perangkat keras computer dapat bekerja apabila ada unsur manusia yang
mengerti yang tentang lat itu dan dapat bekerja menggunakan alat itu. Komputer
merupakan system karena merupakan sekumpulan objek yang berhubungan dan
bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan.
Sistem
perangkat keras computer terdiri dari empat unsur utama dan satu unsur
tambahan. Keempat unsure utama itu adalah Input Unit, Central Processing Unit
(CPU), Stroge/Memory dan Output Unit. Sedangkan yang merupakan unsure tambahan
adalah Communication Link.
Input Unit
merupakan bagian yang menerima dan memasukkan data dan intruksi. Central
Processing Unit (CPU) merupakan bagian yang melaksanakan dan mengatur intruksi,
termasuk menghitung dan membandingkan. Memory/Storage merupakan bagian yang
berfungsi untuk menyimpan data dan intruksi. Output Unit merupakan bagian yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses. Communication Link yang merupakan bagian
yang berkomunikasi dengan dunia luar.
Unit Masukan (Input Unit/Input Device)
Input Unit
adalah peranti intuk memasukkan data dan program yang akan di proses di dalam
computer. Fungsi Input adalah:
a. Tempat untuk memasukkan data dan
program yang akan dip roses.
b. Menerjemahkan kode-kode yang dikenal
oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal computer (diubah menjadi
binary digit/bit)
c. Mengirim data yang sudah berbentuk
bit-bit ini ke dalam storage.
Untuk
memasukkan data ke dalam computer digunakan 10 cara : melalui keyboard, alat
penunjuk (point device), alat pembaca optis atau magnetis, alat pembaca suara,
system Vision-input, kamera digital, scanner, camcorder, sappy, dan kamera web.
1. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling banyak
digunakan dari suatu terminal atau computer. Ada dua bentuk dasar keyboard,
yaitu Alphanumeric keyboard menggunakan tipe 101 key yang terdiri dari
functions keys, sebuah key pad, suatu variasi speciadil-functions keys dan
cursor-control keys (tanda panah). Ada juga yang terdiri dari 124 key, yang
menambahkan functions key tambahan dan extra unlabeled key yang dapat diprogram
untuk membentuk susunan user-defined keystroke (makro).
Special-function keyboard di rancang untuk aplikasi
yang spesifik. Misalnya Cash-register pada terminal di restoran atau
supermarket, terminal Point Of Sale (POS) pada took besar (supermarket), agen
tiket pesawat terbang,|dan sebagainya. Sekarang sudah ada keyboard tanpa kabel,
misalnya wireless PDA keyboard, yang merupakan keyboard terbaik tahun 2002.
2. Alat Penunjuk (Pointing Device)
Alat penunjuk terdiri dari mouse, joystick, trackball,
trackpad, touchscreen, lightpen, dan remote control.
1. Mouse
Mouse
adalah alat kecil dan ringan sebesar tikus yang pas dengan telapak tangan,
memiliki bola kecil di bawahnya dan memiliki tombol satu, dua, atau tiga di
atasnya, dihubungkan di computer dengan kabel kecil. Dengan menggeser mouse
akan memutar bolanya, dan kursor akan bergerak sesuai dengan pola pergerakan
bola. Sekarang mouse sudah ada yang tanpa kabel, Misalnya mouse buatan
Gyration, yaitu Ultra Cordless Optical Mouse yang dapat dihunakan dengan
jangkauan sampai 25 kaki, sedangkan Ultra Professional mempunyai jangkauan
sampai 100 kaki. Dengan mouse tanpa kabel, Anda dapat melakukan surfing, bermain
game dan mobile computing. Bahkan mouse Hunno MagicSecure 3500 mampu
mengamankan PC dan file-file anda lewat fasilitas password, pengenalan sidik
jari maupun kombinasinya. Caranya sangat mudah dengan memasukkan password,
yaitu dengan memasukkan administrator ID sekehendak hati dan password, kemudian
membuat disket kondisi darurat yang berisikan ID dan password (dilakukan untuk
jaga-jaga kalau suatu saat ada kerusakan system). Untuk memproteksi dengan
sidik jari, cukup dengan memasukkan sidik jari dan diproses sekitar 4 detik per
input, satu sidik jari disensor tiga kali. Ada 4 macam modus proteksi, yaitu
menggunakan password, sidik jari, kombinasi password dan sidik jari atau
pilihan antara password dan sidik jari.
2. Joystick
Joystick
adalah suatu alat seperti tongkat yang menggukan kursor sesuai dengan arah
gerak tongkat. Joystick digunakan dalam bidang computer, khususnya game.
3. Trackball
Trackball
adalah alat yang serupa dengan mouse, tetapi bolanya terletak di atas. Untuk
menggunakan kursor, pemakai cukup memutar (menggerakkan) bola tanpa harus
memindahkan seluruh alat tersebut. Trackball tidak memerlukan bidanng di atas
meja.
4. Trackpad
Trackpad
adalah alat serupa dengan trackball, tetapi tidak menggunak bola. Untuk
menggerakkan kursor cukup dengan menggerakkan jari anda di atas pad
sentuh-sensitif.
5.
Trackpoint
Trackpoint
adalah alat yang fungsinya menyerupai joystick tetapi di opersikan dengan ujung
jari.
6 Touchscreen
Touchscreen
adalah alat yang memungkinkan anda untuk memasukkan data atau intruksi dengan
menyentuh satu lokasi di layar dengan mempergunakan jari atau objek tidak
transparan lain. Cara yang paling umum untuk menentukan lokasi bagi computer
yang sudah di sentuh adalah dengan menggunakan sinar inframerah. Berkas sinar
di proyeksian di seluruh permukaan layar dengan pola kotak-kotak. Jari anda
memutuskan kotak-kotak tersebut dan computer mengetahui tempat yang di sentuh.
7.
Light Pen
Light Pen
seperti pena, digunakan untuk menunjuk pada layar seperti pada layar sentuh.
Saat pena digerakkan di atas papan khusus, suatu sinyal tersebut
diinterpretasikan oleh program. Light pen hanya di pakai pda Computer Aided
Design (CAD) dan Computer Aided Manufacturing (CAM) serta dipakai menghubungkan
port joystick dari Amiga dan driver yang di sediakan oleh Workbench 1.3 dan
Workbench 2.x+. Light Pen colour dipasang pada program quickdraw.
8. Digiziting
Table
Digiziting
Table adalah peralatan input computer yang memungkinkan untuk memasukkan gambar
dan sketsa kedalam computer. Digiziting Table terdiri dari elektronik tablet
dan kursor atau pen (Juga disebut puck). Graphire2 merupakan contoh Digiziting
tablet yang sederhana. Graphire2 kompatibel dengan Photoshop Elements 1.0,
Powerpoint dan Word XP. Yang lebih canggih lagi adalah Intous2. Intous2 dapat
digunakan pada Photoshop, Painter, Paint, Shop Pro, Flash dan aplikasi grafik
lainnya.
9. Unit Remote Control
Unit Remote
Control adalah alat yang serupa dengan remote control pada TV. Untuk mengatur
TV, anda menggunakan remote control genggam, maka untuk mengatur computer anda
juga dapat menggunakan alat yang disebut Unit Remote Control.
Unit Keluaran (Output Unit/Output
Device)
Output
Device adalah piranti temapt mengeluarkan hasil proses computer. Fungsi dari
Output Device adalah :
1. Tempat keluarnya hasil proses
2. Menerjemahkan bit-bit kedalam kode
yang dikenal media output
Pada~computer,
Unit Output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafis, suara, video dan
animasi.
1.
Alat Output Tampilan
Alat Output
tampilan yang paling banyak dipakai adalah monitor atau layar tampilan (display
screen). Alat ini termasuk alat input sekaligus output. Alat ini menyerupai TV
dan output yang dihasilkan dapat berupa karakter-karakter atau gambar-gambar,
tergantung pada jenis alatnya. Data yang dimasukkan oleh keyboard dapat ditampilkan
dalam monitor ini.
Monitor
dapat dikelompokkan berdasarkan
Ø Graphics adapter adalah alat pengontrol monitor.
Kebanyakan Graphics adapter disisipkan dalam slot ekspansi pada motherboard,
dan beberapa menyatu dengan motherboard.
Ø Ukuran layar monitor ada bermacam-macam, mulai dari 5
sampai 30 inci. Pada desktop PC dari 9 inci sampai 15 inci. Sekarang sebagian
pengembang computer menggunaka 17 inci. Output pada layar monitor disebut Soft
Copy artinya hanya bersifat sementara saat output ditampilkan di layar,
berlawanan dengan Hard Copy yaitu output yang dihasilkan secara
permanen.
Ø Resolusi monitor merupakan kualitas output dari
monitor. Resolusi monitor tergantung jumlah titi-titik secara individual yang
diproyeksikan ke layar. Titik-titik itu disebut PIXEL (picture
elements). Semakin banyak pixel semakin tinggi resolusinya.
Ø Warna Monitorterdiri dari monitor monochrome dan
monitor berwarna. Monitor monochrome menampilkan gambar dan warna
tunggal, misalnya putih, hijau diatas latar belakang hitam, atau abu-abu diatas
latar belakang putih. Monitor berwarna mempunyai perpaduan warna merah,
hijau, biru untik mencapai spectrum warna, disebut RGM monitors.
Ø Kualitas Tampilan. Paling tidak ada dua karakteristik
yang mempengaruhi kualitas tampilan, yaitu refresh rate dan interlaced.
Sebagian besar layar menggunakan teknologi Cathode Ray Tube (CRT), tetapi
computer portable (Laptop) menggunakan panel datar (flat-panel).Teknologi datar
terdiri dari liquid crystal display atau plasma display yang hanya memerlukan
tempat yang tipis.
STORAGE DEVICE ( Media Penyimpanan)
1. FLOPPY DISK
floppy disk
adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel
("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik
persegi atau persegi panjang. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh disk drive
floppy atau FDD, inisial yang tidak harus bingung dengan "disk drive
tetap," yang merupakan istilah lain untuk (tipe nonremovable dari) hard
disk drive. Diciptakan oleh IBM, disket dalam 8-inch (200 mm), 5 ¼ inci (133,35
mm), dan 3 ½ inci (90 mm) format dinikmati bertahun-tahun sebagai bentuk
populer dan di mana-mana penyimpanan data dan pertukaran, dari pertengahan
1970-an hingga akhir 1990-an. Sementara drive floppy disk masih memiliki
beberapa kegunaan terbatas, terutama dengan warisan peralatan komputer
industri, [2] mereka kini telah sebagian besar digantikan oleh USB flash drive,
Eksternal Hard Drives, CD, DVD, dan kartu memori.
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai
informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini
menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat
lunak, yaitu:
- Perangkat lunak aplikasi (application software)
seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
- Sistem operasi (operating system)
misalnya Ubuntu.
- Perkakas
pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman
tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat
rendah yaitu bahasa rakitan.
- Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu
penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah
software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu
penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
- Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang
dipasang dalam jam tangan
digital dan pengendali jarak jauh.
- Perangkat lunak bebas (free 'libre' software)
dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- Perangkat lunak gratis (freeware)
- Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
- Perangkat lunak perusak (malware)
- PERAN PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. sebagaimana yang telah anda ketahui, program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya. dalam hal ini, pembuat telah mengatur komputer sehingga kmputer memenuhi kebutuhan pemakai. program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misal microsoft) ataupun perseorangan. tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemrograman, anda bisa membuat sendiri program yang anda kehendaki.
Komentar
Posting Komentar