PENGENALAN E-LEARNING
Pengenalan
E-Learning
Untuk mempermudah
penyebaran pengetahuan dan mendukung system pembelajaran ini perusahaan harus
memiliki system yang mampu mengakomodasi semua kebutuhan perusahaan dalam hal
penyebaran pengetahuan dengan efisiensi biaya yang tinggi dan kemudahan akses
dari para pegawainya. Tujuan utama system manajemen pengetahuan adalah
meningkatkan kompetensi pegawai di perusahaan sebagai bagian dari pengelolaan
sumber daya manusia. Perkembangan teknologi informasi (TI) yang sedemikian
pesat tersebut menciptakan kultur baru bagi semua orang di seluruh dunia.
Integrasi teknologi informasi ke dalam dunia usaha telah menciptakan pengaruh
besar. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, system manajemen
pengetahuan di perusahaan dapat digunakan secara efisien dan efektif serta
berkelanjutan.
Salah satu produk integrasi
teknologi informasi ke dalam dunia usaha adalah e-learning atau elektronik
learning. Saat ini e-Learning mulai mengambil perhatian banyak pihak, baik dari
kalangan akademik, profesional, perusahaan maupun industri. E-learning adalah
bentuk pembelajaran konvensional yang dituang dalam format digital dan
disajikan melalui teknologi informasi. Dalam dunia usaha dan industri,
e-Learning dinilai mampu membantu proses dalam meningkatkan kompetensi karyawan
atau sumber daya manusia.
E-Learning merupakan sebuah alat yang dinilai ampuh untuk lebih
memberdayakan sistem manajemen pengetahuan. Dikatakan demikian, karena dengan
adanya e-Learning, proses pengaksesan informasi yang telah terekam dapat
dilakukan dari tempat yang jauh dari perusahaan tempat kerja. Sehingga
e-Learning tidak hanya berfungsi sebagai fasilitator juga sekaligus mempermudah
mereka (para karyawan perusahaan tersebut) untuk terus belajar dari pengalaman
mereka sebelumnya yang telah direkam dan didokumentasikan serta tersimpan dalam
repository.
Dengan sistem e-Learning
yang dimanfaatkan secara tepat guna, suatu organisasi/perusahaan dapat dengan
cepat meningkatkan efisiensi dalam mereplikasi pengetahuan yang telah berhasil
dikuasai dan dipelajari di suatu bagian ke seluruh sendi tubuh
organisasi/perusahaan yang lainnya. Replikasi secara cepat ini sangat penting
dalam memastikan bahwa perusahaan tidak lagi berulang-ulang melakukan kesalahan
yang sama dan harus kembali lagi mempelajarinya dari awal, serta informasi
pengetahuan menjadi tidak terisolasi dalam suatu bagian-bagian
individu-individu dalam suatu organisasi/perusahaan.
E-Learning memberdayakan salah satu karakteristik yang berguna dari
pengetahuan, yaitu sekali diciptakan kemudian disimpan. Dengan demikian, akan
sangat mudah untuk direplikasikan ke seluruh bagian organisasi/perusahaan.
Penggunaan e-learning bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada karyawan
untuk meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan guna menunjang kinerja
karyawan itu sendiri. Hal tersebut pada akhirnya akan berperan pada tingkat kemajuan
dan kinerja perusahaan
E-learning merupakan
singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam
proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet
sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi
logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. E-learning
dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di
media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning
secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata
pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang
telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar
sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi
dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak
jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya
perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa
e-learning untuk umum. E-learning bisa juga dilakukan secara informal
dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing
list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang
ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan
tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Komentar
Posting Komentar